Langsung ke konten utama

Postingan

Gagal Paham

Pernah kepoin tab jelajah di instagram kan? Isinya akun-akun yang difollow oleh teman-teman yang kita follow, benar ga sih? Pada akhirnya saya jadi gagal paham dengan foto-foto yang begitu banyak tagging nya, khususnya foto selfie pemuda-pemudi. Tujuannya nge-tag akun-akun yang me-repost apa? Oke, saya coba bayangkan jika upload foto lalu tag bla..bla.bla... Umm..senang dapat love banyak, komentar-komentar pujian, mungkin itu ya (karna ibu juga pernah muda, uhuk..)

Saya juga pernah upload foto selfie ke medsos, banyak malah, dan memang senang ya dapat like banyak dan dikomen banyak orang. Tapi Alhamdulillah masih punya rasa malu untuk nge-tag sana sini, walaupun pada akhirnya saya menyesal, sungguh... Tau zina mata kan? Karena itu salah satunya, dan itu diri sendiri yang memulainya. Astaghfirullah...Astaghfirullah...Astaghfirullah...
Bayangkan berapa mata yang melihat, memandang, bahkan mungkin menikmati wajah kita (Na'udzubillah...). Maaf kata, ternyata ibu-ibu udah beranak pun p…
Postingan terbaru

:)

Hei...
Sapaan favorite kiddos sekarang nih.
Lama tak menyapa, ibu yang selalu ada gadis dihatinya (hakz..) yang selalu hilang timbul menulis di blog yang sedikit aneh ini, sekarang muncul lagi.

Jujurly, udah hampir sebulan ngacak ini blog biar sesuai dengan hati lagi, udah berkali-kali juga ngubah tamplate, eh pada akhirnya milih yang dari blogger, ya saya ketawa sendiri, hihii...

Berawal ikut kelas Institut Ibu Profesional, yang sedikit menuntut para ibu yang bergabung untuk menulis, saya jadi ingat lagi dengan blog ini. 
Next, isi blog ini tentang IIP. Andai tau ada komunitas ini jauh sebelum menikah, saya memilih aktif di institut ini. 

Untuk lebih semangat, ini ada setangkai mawar segar agar tetap segar dalam menebar ilmu yang di dapat, khususnya di Universitas Kehidupan "gue banget"

Wassalam

Berkenalan Dengan Si Kecil

"Semua bayi lahir dalam keadaan fitrah (bertauhid), maka orang tuanyalah yang menjadikannya seorang Yahudi, Nasrani ataupun Majusi." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

1. Hamil
Begitu selesai menikah, hal yang paling ditunggu adalah kehamilan. Tidak semua pasangan yang telah menikah langsung dikaruniai buah hati. Namun tetap tanda-tanda kehamilan akan selalu ditunggu, berikut beberapa tanda-tanda umum hamilnya seseorang :
a. Terlambat datang bulan
b. Mual atau ingin muntah, biasanya terjadi pada trisemester pertama kehamilan di pagi hari (morning sickness). Namun tidak semua ibu hamil mengalaminya pada pagi hari.
c. Cepat lelah dalam beraktifitas
d. Sering pusing ringan

Selain harus mengetahui tanda-tanda kehamilan, sebaiknya ibu hamil juga harua tahu apa saja yang bisa mengganggu kehamilannya.
a. Mual dan muntah
Rasa mual berkenaan dengan sensitifnya ibu terhadap bau-bauan dan perubahan pola makan. Sebenarnya mual dan muntah bisa dicegah dengan cara menghindari biang keladinya. Ub…

Diary Ramadhan

1 Ramadhan 1437
22 : 03Apa kabar hati? Apa kabar Ramadhan? Apa kabar puasa?
Apakah masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya?
Mungkin hanya hati yang bergeming, yang banyak berubah.
Ya, saya tau, kamu sangat rindu dengan Ramadhan. Kamu rindu dengan aroma puasanya. Maaf jika baru tahun ini kamu aku mantapkan kembali menyentuh puasa.3 tahun sudah saya tidak menuaikan ibadah puasa. Apa yang kamu pikirkan? Cobalah untuk selalu berpikir yang baik sebelum tau yang sebanarnya. Walaupun kerap kali duluan yang negatif berkomentar dari pada yang baik. Tidak apa-apa, langsung saja ralat, istighfar..Iya, sudah 3 tahun saya tidak menyentuh puasa di bulan penuh berkah ini. Disengaja dan sadar saya lakukan, ketika perut berisi nyawa kecil yang bergantung pada konsumsi makanan yang saya makan. Iya, saya hamil pada 2 tahun yang lalu.(Ah, terlalu panjang cerita pembukamu :p) Hehe..itu baru pembuka. Belum inti cerita saya. Sebenarnya tidak masalah ketika hamil pun ikut berpuasa. Begitu komentar beberapa …

Mind Mapping dan Outline "Berkenalan dengan Si Kecil"

Outline : Berkenalan dengan Si Kecil1. Hamil
Uraian :
* Kegiatan khusu ibu hamil
* Keseharian yang mempengaruhi kehamilan
* Hamil menurut Islam2. Kelahiran
Uraian :
* Masa pertumbuhan bayi dari 0 bulan - 1 tahun (dikupas secara umum)
* Pasca kelahiran menurut Islam3. Ketika si kecil mulai membantah
Uraian :
* Penanganan ketika si kecil membantah dan harus mengikuti keinginannya
* Cara mengajak si kecil berbicara bagaimana bersikap yang baik
* Mendidik si kecil menurut Islam4. Saatnya punya adik
Uraian :
* Perasaan cemburu yang melanda si kakak
* Sikap adil orang tua yang sangat diperlukan5. Permainan
Uraian :
* Permainan di luar rumah
* Permainan di dalam rumah6. Pendidikan
Uraian :
* Di rumah, menekankan pada agama
* Di sekolah, lebih belajar eksakta
* Lingkungan sekitar, anak belajar bersosial7. Ayah-ibu
Uraian :
* Tugas seorang ayah dan ibu kepada anak maupun kepada pasangan
* Sikap seorang ayah dan ibu kepada anak maupun kepada pasangan, dalam sikap ini termasuk cara berbicara ant…

Mind Mapping dan Outline "Menikah Sekarang?"

Outline : Menikah Sekarang?1. Alasan Menikah
Uraian :
¤ Menikah karna perasaan saling suka
¤ Perjodohan dari orang tua
Orang tua ingin menyambung silaturrahmi
¤ Melihat anak sudah cukup umur namun belum tampak tanda-tanda yang dekat dengan si anak Karena wasiat, harta (zaman sekarang pun masih ada orang tua berpikiran picik)
¤ Menikah karena ingin menolong seseorang dari bahaya
¤ Menikahi seorang janda yang tidak bekerja dan memiliki anak
¤ Menikah dengan tujuan seorang mempunyai keturunan2. Menikah dengan Siapa?
Uraian :
¤ Dengan seseorang yang telah dikenal, pacaran atau berteman lama
¤ Dengan seseorang yang belum dikenal sama sekali, dikenalkan saudara, teman atau orang tua3. Kesiapan Menikah
Uraian :
¤ Mental, bagaimana persiapan mental sebelum menikah baik dari pihak perempuan atau laki-laki
¤ Fisik, persiapan materi yang kadang hanya untuk menjaga gengsi4. Perkenalan dengan Karakter Pasangan
Uraian :
¤ Suami
Nabi Muhammad sebagai teladan utama bagi para suami
¤ Istri
- Bagaimana…

Idea

Nonfiksi itu seperti hujan yang alur rintiknya kadang beraturan, kadang tertiup angin, kadang juga hanya belaian kecil.

Sebagian penulis awam seperti saya, nonfiksi pilihan awal. ketika hati hendak berkata namun mulut enggan bicara, jadilah tangan yang menyatakan dalam sebuah tulisan.

Rangkaian-rangkaian kecil yang kadang tak berarti hanya meluapkan emosi sesaat. lamunan damai yang membawa angan ke dimensi waktu yang lampau, mengukir kisah yang rasanya sayang untuk tidak diabadikan.

10 ide untuk nonfiksi berikut hanyalah cerita hidup dari waktu ke waktu. kenapa tidak sekalian dijadikan tulisan yang bermanfaat...

1. Sekolah
2. Hijab
3. Kuliah
4. Karir
5. Menikah
6. Me and you
7. kiddos
8. big family
9. Menulis
10. Langit dan bumi


Dan ini bisa menjadi sebuah buku...Insyaallah